Inspirasi Islami Penuh Makna

Semua yang ada di bawah ini adalah hasil dari copy paste dari fan page Inspirasi Islami. Silahkan Like (y) fan pake Inspirasi Islami ini untuk mendapatkan update terbaru,,

Dari Abu Hurairah, beliau berkata,“Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di majelis menasihati kaum, datanglah seorang A’rabi dan bertanya,”Kapan hari kiamat?” (Tetapi) beliau terus saja berbicara sampai selesai. Lalu (beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam) bertanya,“Mana tampakkan kepadaku yang bertanya tentang hari kiamat?” Dia menjawab,”Saya, wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Lalu beliau berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah hari kiamat”. Dia bertanya lagi, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Beliau menjawab, “Jika satu perkara diberikan kepada bukan ahlinya, maka tunggulah hari kiamat”. [Riwayat Bukhari].

 

Keutamaan majlis ilmu

Rasulullah SAW bersabda : Tidaklah duduk suatu kaum berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat mengelilinginya, rahmat menyelimutinya dan turun kepada mereka ketenangan, serta Allah memujinya di hadapan makhluk yang berada di sisinya. [HR. Muslim dan Ahmad]

 

Majelis ilmu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari para ulama rabbani. Bahkan mengadakan majelis ilmu merupakan perkara penting yang harus dilakukan oleh seorang ‘alim. Karena hal itu merupakan martabat tertinggi para ulama rabbani,

 

sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al-Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia:”Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah”. Akan tetapi (dia berkata):”Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya. [Ali Imran : 79].

 

Wajib bagi setiap hamba mencintai Allah dan ini merupakan bentuk ibadah yang paling agung. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ

“Dan orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah.” [Al-Baqarah:165]

 

Mencintai Rasulullah SAW

Penuturan sayyidina“‘Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu anhu, yaitu sebuah hadits dari Sahabat ‘Abdullah bin Hisyam Radhiyallahu anhu, ia berkata:“Kami mengiringi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau menggandeng tangan ‘Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu anhu. Kemudian ‘Umar berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Wahai Rasulullah, sungguh engkau sangat aku cintai melebihi apa pun selain diriku.’ Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Tidak, demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, hingga aku sangat engkau cintai melebihi dirimu.’ Lalu ‘Umar berkata kepada beliau: ‘Sungguh sekaranglah saatnya, demi Allah, engkau sangat aku cintai melebihi diriku.’ Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Sekarang (engkau benar), wahai ‘Umar.’” (HR. Bukhari)

 

Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu.” (QS. Ali Imran: 200).

 

Kawan.. Ketika kita tidak kuat – dalam menahan dari emosi, kegalauan hidup dan musibah yang menimpa – maka kita dikategorikan orang yang lemah. Tidak saja lemah jiwa tapi juga lemah iman. Semoga kita tidak termasuk orang-orang tersebut.

 

Larangan suap menyuap

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, ia berkata : “Rasulullah melaknat pemberi suap dan penerima suap.” (HR Ahmad, Adu Daud, Ibnu Majah, Tirmizi, al-Hakim, dan al-Baihaqi). Para ulama bersepakat, suap-menyuap diharamkan dan merupakan dosa besar yang pelakunya mendapatkan laknat dari Rasulullah.

Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang gemar menyuap dan menerima uang suap. jauhkan kami dari kekejian itu ya Allah.

 

Berbuat baik kepada perempuan

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda di akhir kehidupannya, dan hal itu terjadi pada haji Wada’: “Ingatlah, berbuat baiklah kepada wanita. Sebab, mereka itu (bagaikan) tawanan di sisi kalian. Kalian tidak berkuasa terhadap mereka sedikit pun selain itu, kecuali bila mereka melakukan perbuatan nista. Jika mereka melakukannya, maka tinggalkanlah mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Jika ia mentaati kalian, maka janganlah berbuat aniaya terhadap mereka. Mereka pun tidak boleh memasukkan siapa yang tidak kalian sukai ke tempat tidur dan rumah kalian. Ketahuilah bahwa hak mereka atas kalian adalah kalian berbuat baik kepada mereka (dengan mencukupi) pakaian dan makanan mereka.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah, shohih)

Pesan kedua yang disampaikan oleh Rosululloh shollallohui ‘alaihi wa sallam selanjutnya adalah agar para laki-laki berbuat baik dan tidak mendzolimi wanita dengan cara memenuhi hak-haknya berupa makanan dan pakaian. Sebab, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: ” Seseorang sudah cukup berdosa bila menyia-nyiakan siapa yang wajib diberinya makan.”(HR Muslim)

 

Keutamaan ummat Muhammad SAW

Dari Tsauban, ia berkata : Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah memperlihatkan bumi kepadaku, lalu aku melihat timur dan baratnya, dan sungguh kerajaan umatku akan sampai kepada bumi yang ditampakkan kepadaku. Aku diberi dua perbendaharaan yaitu merah dar putih. Sungguh aku mohon kepada Tuhanku bagi umatku agar tidak dihancurkan dengan tahun yang umum, dan tidak dikuasai oleh musuh selain diri mereka sendiri, lalu ia memusnahkan golongan mereka”. Sesungguhnya Tuhanku berfirman : “Wahai Muhammad, sesungguhnya apabila saya menetapkan suatu ketetapan maka ketetapan itu tidaklah tertolak. Dan sesungguhnya Aku memberi kamu akan umatmu tidak Aku hancurkan dengan tahun yang umum, dan Aku tidak menguasakan musuh atas mereka selain diri mereka sendiri yang memusnahkan golongan mereka, walaupun berkumpul atas mereka dari seluruh penjuru” – atau Dia berfirman : “Dari seluruh penjuru bumi – sehingga sebagian dari mereka menghancurkan sebagian yang lain, dan sebagian dari mereka menawan terhadap sebagian yang lain”. (Hadits ditakhrij oleh Muslim).

 

Rasulullah SAW berssabda : Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hamba-hamba. Akan tetapi Dia mencabutnya dengan diwafatkannya para ulama sehingga jika Allah tidak menyisakan seorang alim pun, maka orang-orang mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh. Kemudian mereka ditanya, mereka pun berfatwa tanpa dasar ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.” (HR. Bukhari Muslim)

 

Keutamaan Rasulullah dengan umatnya

Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu dia berkata:
Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. bersabda: Sesungguhnya perumpamaanku dan umatku adalah seperti seorang yang menyalakan api yang mengakibatkan binatang-binatang melata dan nyamuk terperangkap ke dalam api tersebut. Aku sudah berusaha memegang ikat pinggang kalian namun kalian malah menceburkan diri ke dalamnya. (HR. Muslim)

 

BerMental Kaya bukan karna banyak nya harta tapi memiliki jiwa berbagi yang luar biasa,tidak akan kekurangan bagi mereka yang bersedekah dan tidak akan menemui kesulitan yang berarti bagi mereka yang senang menanam benih kebaikan,,

 

Barangsiapa ingin doanya terkabul & dibebaskan dr kesulitannya hendaklah dia membebaskan kesulitan orang lain (HR. Ahmad)

 

Allah berfirman:”sungguh kami telah menciptakan manusia dalam keadbn keluh kesah”. (QS. Al-balad:4)

 

Ya Allah jauhkanlah kami dari kesengsaraan.

 

Anjuran membaca surat Al Kahfi di malam Jumat dan pada hari Jumat

Dari Abu Said Al Khudri radhiyallohu anhu berkata : “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di malam Jumat niscaya Allah akan meneranginya dengan cahaya antara dia dengan Ka’bah” (Riwayat Darimi)

 

Maha suci Allah atas segala kuasa-Nya.. Semoga Allah senantiasa mengasihi dan menyayangi kita kawan.

 

Dahsyatnya bertasbih

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda : “siapapun yang mengucapkan ‘subhanallah wa bihamdihi’ (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali sehari, semua dosanya akan diampuni Allah meskipun (dosanya) sebanyak buih lautan”. (HR. Bukhari)

 

Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.

Memaafkan adalah salah satu ciri orang orang yang bertakwa
Memaafkan orang lain bukanlah perkara yang mudah,..
Tapi alangkah indah dan baiknya jika kita memaafkan kesalahan orang lain
Seperti dalam kisah berikut..
Mari kita simak..
Semoga kita semua tergolong kedalam orang-orang yang selalu meminta maaf atas kesalahan kita dan memaafkan kesalahan orang lain kepada kita..
Aamiin

 

Obat anti GALAU..!
Pada suatu ketika datanglah seseorang kepada sahabat Rasulullah yang bernama Ibnu Mas’ud r.a. meminta nasehat, katanya: ” Wahai Ibnu Mas’ud, berilah nasehat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang gelisah.
Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak tentram, jiwaku gelisah dan pikiranku kusut; makan tak enak, tidur tak nyenyak.”
Maka Ibnu Mas’ud menasehatinya, katanya:” Kalau penyakit itu yang menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat, yaitu ketempat orang membaca Al Quran, engkau baca Al Quran atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya; atau engkau pergi ke pengajian yang mengingatkan hati kepada Allah; atau engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, disana engkau berkhalwat menyembah Allah, umpama di waktu tengah malam buta, di saat orang sedang tidur nyenyak, engkau bangun mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, ketentraman fikiran dan kemurnian hati.
Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini, engkau minta kepada Allah, agar diberi-Nya hati yang lain, sebab hati yang kamu pakai itu, bukan lagi hatimu.” Setelah orang itu kembali kerumahnya, diamalkannyalah nasihat Ibnu Mas’ud r.a. itu.
Dia pergi mengambil wudhu kemudian diambilnya Al Quran, terus dia baca dengan hati yang khusyu. Selesai membaca Al Quran, berubahlah kembali jiwanya, menjadi jiwa yang aman dan tentram, pikirannya tenang, kegelisahannya hilang sama sekali.
Subhanallah..Inilah obat anti GALAU yg paten dan paling mujarab
Gimana sobat, Mau Coba ?
Gratis lhoo..!

 

Manfaat selalu Istighfar
Barangsiapa senantiasa beristighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya kelapangan (HR Abu Daud)
Yaa Allah..Mudahkan bagi kami untuk selalu beristighfar dan mengingat-Mu..Aamiin

 

Surga dan Neraka itu kekal
Rasulullah bersabda, yg artinya:“Jika penduduk surga telah memasuki surga dan penduduk neraka telah memasuki neraka, kemudian seseorang akan meneriaki di antara mereka, “Wahai penduduk neraka, tidak ada lagi kematian untuk kalian. Wahai penduduk surga, tidak ada lagi kematian untuk kalian. Kalian akan kekal di dalamnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Ya Allah..Bimbing kami menuju surga-Mu yg kekal dan jauhkan kami dari neraka-Mu..aamiin

 

Sebuah Do’a yang indah
Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kefakiran, kekurangan dan kehinaan, dari mendzalimi dan didzalimi orang lain (HR Abu Daud )

 

15 Sifat Dasar Manusia menurut Al-Qur’an
————————————————–
1- Manusia itu LEMAH
2- Manusia itu GAMPANG TERPERDAYA
3- Manusia itu LALAI
4- Manusia itu PENAKUT / GAMPANG KHAWATIR
5- Manusia itu BERSEDIH HATI
6- Manusia itu TERGESA-GESA
7- Manusia itu SUKA MEMBANTAH
8- Manusia itu SUKA BERLEBIH-LEBIHAN (Melampaui Batas)
9- Manusia itu PELUPA
10-Manusia itu SUKA BERKELUH-KESAH
11-Manusia itu KIKIR
12-Manusia itu SUKA MENGKUFURI NIKMAT
13-Manusia itu DZALIM dan BODOH
14-Manusia itu SUKA MENURUTI PRASANGKANYA
15-Mmanusia itu SUKA BERANGAN-ANGAN
Dan solusinya hanya dengan menjalankan Seluruh Perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
Semoga kita semua bisa menapaki tantangan sifat dasar kita ini dengan selamat..Aamiin

 

10 Akhlak Mulia yg harus kita teladani
1. Jujur
2. Amanah
3. Zuhud
4. Sabar
5. Syukur
6. Iklas
7. Tawakal
8. Pemurah
9. Rendah Hati
10. Berbaik sangka
Semoga kita semua bisa teguh dan Istiqomah dalam usaha untuk memiliki semua akhlak mulia yg sudah di contohkan Nabi..Aamiin

 

10 Dosa Besar yg wajib kita Hindari
1. Syirik (Menyekutukan Allah SWT).
2. Berputus asa dari mendapatkan rahmat Allah SWT.
3. Merasa aman dari ancaman Allah SWT.
4. Berbuat durhaka kepada kedua orang tua.
5. Membunuh.
6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina.
7. Memakan riba.
8.Lari dari medan pertempuran.
9. Memakan harta anak yatim.
10. Berbuat zina.
Moga kita semua dimudahkan Allah untuk menghindari semua dosa besar, termasuk 10 dosa besar ini..Aamiin

 

3 Cara Masuk Surga:
1- Masuk surga tanpa dihisab (tanpa dihitung kebaikan dan keburukannya)
2- Masuk surga setelah dihisab dan karena kebaikannya jauh lebih banyak dr pada dosa2nya maka langsung di masukkan surga
3- Masuk surga setelah diadzab terlebih dahulu di neraka sesuai dengan dosa yg dilakukan
Semoga kita semua bisa masuk Surga dengan cara yang kedua dan tidak mersakan sedikitpun Api Neraka…Aamiin

 

Yaa Allah..Lelapkan kami dalam rasa Syukur kepada-MU..
Yaa Robb..Bangunkan kami esok hari dalam keimanan yg semakin meningkat..
Hanya kepada-MU kami berserah diri..Aamiin

 

Ketika aku memohon kepada Allah kekuatan..
Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat..
Ketika aku memohon kepada Allah kebijaksanaan..
Allah memberiku masalah untuk dipecahkan..
Ketika aku memohon kepada Allah kesejahteraan..
Allah memberiku akal untuk berfikir..
Ketika aku aku memohon kepada Allah keberanian..
Allah memberiku kondisi bahaya untuk kuatasi..
Ketika aku memohon kepada Allah sebuah cinta..
Allah memberiku orang-orang bermasalah untuk ku tolon..
Ketika aku memohon kepada Allah bantuan..
Allah memberiku kesempatan..
Aku tak selalu menerima semua yang kuminta..
Tapi aku selalu menerima segala yang aku butuhkan..
Doaku terjawab sudah..
(Ali bin Abi Thalib)

 

Anak adalah permata hati..
Anak adalah pelipur suami istri..
Anak adalah amanah Ilahi..
Anak adalah penyambung pahala jika kita mati…
Mari kita jaga anak-kita kita agar menjadi Syafa’at bagi kita di hr akhir nanti..
Sepakat atau setuju..??

 

Ya Allah..Berilah kami kesabaran dalam menghadapi ujian-MU..
Ya Allah penuhi hati kami dengan rasa syukur atas semua nikmat-MU..
Aamiiin..

 

“Ya Allah, jadikanlah aku merasa qana’ah (merasa cukup, puas, rela) terhadap apa yang telah Engkau rizkikan kepadaku, dan berikanlah berkah kepadaku di dalamnya dan gantikanlah bagiku semua yang hilang dariku dengan yang lebih baik.” ..Aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s